INFO TARBIYATUL ISLAMIAH

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berpikir; (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) : “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia; Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Ali-Imran, 190 – 191).

Saturday, October 1, 2011

Islam Adalah Keimanan dan Perbuatan (Amal)


            Islam adalah agama Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Dan ia adalah agama yang berintikan keimanan dan perbuatan (amal).
            Keimanan itu merupakan akidah dan pokok yang di atasnya berdiri syari’at Islam. Kemudian dari pokok itu keluarlah cabang-cabangnya. Perbuatan itu merupakan syari’at dan cabang-cabangnya yang dianggap sebagai buah yang keluar dari keimanan serta akidah itu.
            Keimanan dan perbuatan atau dengan kata lain akidah dan syari’at, keduanya itu antara satu dengan yang lain saling sambung-menyambung, hubung-menghubungi dan tidak dapat berpisah yang satu dengan yang lainnya. Keduanya adalah sebagai buah dan pohonya. Sebagai musabbab dengan sebabnya atau sebagai natijah (hasil) dengan mukaddimah-nya (pendahuluannya).
            Oleh karena adanya hubungan yang amat erat itu, maka amal perbuatan selalu disertakan penyebutannya dengan keimanan dalam sebagian besar ayat-ayat Al-qur’an. Sebagai contohnya firman Allah SWT. Yaitu dalam surat Al-Baqarah ayat 25, yang artinya :
            ”Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan beramal
sholeh (berbuat kebaikan), bahwasanya mereka itu akan mendapatkan balasan berupa syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai”.

No comments:

Post a Comment