INFO TARBIYATUL ISLAMIAH

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berpikir; (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) : “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia; Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Ali-Imran, 190 – 191).

Wednesday, October 5, 2011

Pengertian Keimanan Atau Aqidah


Pengertian keiamanan atau akidah itu tersusun dari enam perkara, yaitu :
1.      Ma'rifat Kepada Allah SWT, ma'rifat dengan nama-namanya yang mulia dan sifat-sifatnya yang tinggi. Juga ma'rifat dengan bukti-bukti wujud atau adanya. Serta kenyataan sifat keagungannya dalam alam semesta atau di dunia ini.
2.      Ma'rifat dengan Alam yang ada dibalik alam semesta ini, yakni alam yang tidak dapat dilihat. Demikian pula kekuatan-kekuatan kebaikan yang terkandung didalamnya yakni yang berbentuk Malikat, juga kekuatan-kekuatan jahat yang berbentuk Iblis dan sekalian tentaranya dari golongan Syaithan. Selin itu juga ma'rifat dengan apa yang ada didalam alam yang lain lagi seperti Jin dan Ruh.
3.      Ma'rifat dengan Kitab-kitab Allah SWT, yang diturunkan olehnya kepada para Rasul. Kepentingannya ialah dijadikan sebagai batas untuk mengetahui antara yang hak dan yang bathil, yang baik dan yang jelek, yang halal dan yang haram, juga antara yang bagus dan yang buruk.
4.      Ma'rifat dengan Nabi-nabi serta Rasul-rasul Allah SWT, yang dipilih olehnya untuk menjadi pembimbing kearah petunjuk serta pemimpin seluruh makhluk guna manuju kepada yang hak.
5.      Ma'rifat dengan hari Akhir dan Peristiwa-peristiwa yang terjadi disaat itu seperti kebangkitan dari kubur (hidup lagi sesudah mati), memperoleh balasan, pahala atau siksa, syurga atau neraka.
6.      Ma'rifat kepada Takdir (Qadla' dan Qadar), yang diatas landasannya itulah berjalannya peraturan segala yang ada di alam semesta ini, baik dalam penciptaan atau cara mengaturnya.

No comments:

Post a Comment